Pesona Alam Danau Singkarak

Kab. Solok kaya dengan danau. Dari data Pemkab Solok, Danau Singkarak salah satu dari lima danau yang dijadikan sebagai objek wisata unggulan. Empat danau yang lain yakni Danau Diatas yang terletak di kecamatan Lembah Gumanti pada dataran tinggi Alahan Panjangdengan luas lebih kurang 17,19 hektare. Lalu Danau Dibawah dengan luas lebih kurang 16,83 hektare ini terletak sekitar satu Km di sebelah selatan Danau Diatas. Danau ketiga dinamakan Danau Talang yang terletak di kecamatan Lembang Jaya berada lebih kurang 2 Km dari danau Kembar (Danau Diatas dan Danau Dibawah).

Danau Singkarak merupakan danau terluas. Danau ini merupakan danau terluas kedua di Sumatra setelah Danau Toba. Danau Singkarak berada di dua kabupaten di Sumatera Barat, Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar dengan luas 107,8 hektare.

Pemandangan di Danau Singakarak masih seperti dulu. Pohon-pohon yang tumbuh di sepanjang tepian danau, menjadi pembatas antara daratan dan air. Lingkungan yang asri hawanya yang sejuk menjadi kenikmatan tersendiri berkunjugn ke sana. Danau Singakarak berada sekitar 80 kilometer dari Kota Padang. Berangkat ke sana dari Padang bisa menggunakan angkutan umum dengan biaya sekitar Rp20 ribu.

Berada di Danau Singkarak, tidak nikmat rasanya kalau tidak berenang. Airnya yang jernih seperti menghimbau-himbau untuk direnangi. Agar lebih aman di sekitar danau ada penduduk yang menyewakan ban karet. Tarifnya pun tidaklah mahal hanya Rp2.000, ban sudah bisa dibawa pakai untuk berenang.


Untuk menjelajahi Danau singkarak bisa menggunakan perahu. Di sana terdapat perahu motor dan becak danau yang akan membawa anda mengelilingi dan menikmati kesejukan semilir angin danau di atasnya.


0 comments:

 
© free template by freetemplateforyou
 original template:kangrohman menu with : CSSplay also visit : hack blogger